7 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Berbagai tantangan yang dihadapi selama pandemi COVID-19

Hello Sobat Buktinarasi, pandemi COVID-19 yang telah berlangsung cukup lama ini memberikan dampak yang cukup besar bagi kehidupan kita. Bukan hanya secara fisik, tetapi juga secara mental. Ketidakpastian, isolasi, dan perubahan pola hidup yang drastis dapat menjadi beban yang berat bagi kesehatan mental kita. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas 7 tips jitu untuk menjaga kesehatan mental kita di masa pandemi ini.

1. Tetap menjaga rutinitas harian

Selama pandemi ini, banyak dari kita yang harus bekerja atau belajar dari rumah. Hal ini dapat mengganggu rutinitas harian yang biasanya kita jalani. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga rutinitas harian seperti bangun tidur dan makan pada jam yang sama setiap harinya. Dengan demikian, kita dapat menjaga keseimbangan dan stabilitas dalam kehidupan kita.

2. Lakukan aktivitas fisik secara teratur

Aktivitas fisik tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga baik untuk kesehatan mental kita. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau yoga secara teratur. Aktivitas fisik ini dapat meningkatkan produksi endorfin, hormon yang bertanggung jawab untuk perasaan bahagia dan meningkatkan suasana hati.

3. Jaga pola tidur yang sehat

Pola tidur yang baik sangat penting dalam menjaga kesehatan mental kita. Usahakan untuk tidur cukup selama 7-8 jam setiap malam. Hindari begadang atau tidur terlalu larut malam karena hal ini dapat mengganggu kualitas tidur kita. Jika sulit tidur, coba luangkan waktu sebelum tidur untuk relaksasi seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan.

4. Pertahankan hubungan sosial

Isolasi social dapat menjadi penyebab stres dan kecemasan yang berlebihan. Oleh karena itu, tetap menjaga hubungan sosial dengan keluarga dan teman-teman sangat penting. Meskipun tidak bisa bertemu langsung, kita dapat tetap berkomunikasi melalui telepon, video call, atau media sosial. Jangan ragu untuk berbagi cerita dan perasaan kita dengan orang-orang terdekat.

5. Batasi paparan berita negatif

Paparan berita negatif secara terus-menerus dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Hindari terlalu sering membaca atau menonton berita yang tidak menyenangkan. Pilih sumber berita yang terpercaya dan batasi waktu yang kita habiskan untuk membaca berita. Fokuslah pada hal-hal positif dalam hidup kita dan cari kegiatan yang membuat kita bahagia.

6. Temukan hobi baru atau bangkitkan hobi lama

Masa pandemi ini merupakan waktu yang tepat untuk mengeksplorasi hobi baru atau menghidupkan kembali hobi lama yang mungkin telah terlupakan. Apakah itu membaca, memasak, melukis, atau belajar bermain alat musik, temukan kegiatan yang membuat kita senang dan berikan waktu untuk melakukannya. Hobi dapat menjadi pelarian yang baik dari stres dan meningkatkan kesejahteraan mental kita.

7. Jangan ragu untuk meminta bantuan profesional

Jika kita merasa kesulitan dalam menjaga kesehatan mental kita sendiri, jangan ragu untuk meminta bantuan dari profesional. Konsultasikan perasaan dan masalah kita kepada psikolog atau psikiater yang kompeten. Mereka dapat memberikan dukungan, nasihat, dan strategi untuk mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.

Kesimpulan

Di tengah pandemi COVID-19, menjaga kesehatan mental kita sangatlah penting. Dengan menerapkan 7 tips jitu yang telah kita bahas di atas, kita dapat menjaga keseimbangan dan kesejahteraan mental kita. Tetap menjaga rutinitas harian, melakukan aktivitas fisik, menjaga pola tidur yang sehat, mempertahankan hubungan sosial, menghindari paparan berita negatif, mengeksplorasi atau menghidupkan kembali hobi, serta meminta bantuan profesional jika diperlukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Buktinarasi dalam menjaga kesehatan mental selama pandemi ini. Tetap semangat dan salam sehat!