Cara Menghilangkan Rayap di Dinding Praktis

Melakukan cara menghilangkan rayap rasanya tidak bisa dihindarkan apabila rumah Anda didatangi sekelompok hewan pemakan kayu padahal baru dibangun. Bila dibiarkan, bukan tidak mungkin jika rumah akan cepat rusak dengan beberapa titik yang keropos dan lapuk. Kerusakan ini biasanya terjadi pada kusen, plafon, hingga furnitur yang terbuat dari kayu.

Jika masalah ini sedang Anda hadapi sekarang, mari kita bahas bersama solusinya. Jangan biarkan berlarut sebab organisme kecil ini terus menggerogoti rumah dalam 24 jam sehari tanpa berhenti.

Cara Menghilangkan Rayap Secara Umum Alami Dan Bahan Kimia

Hal pertama yang harus Anda tahu adalah pembasmian hama pemakan kayu umumnya bisa dilakukan secara alami dan memakai bahan kimia. Metodenya juga harus dilakukan sesuai dengan bagian mana yang diserang, apakah di tembok, plafon, lantai, atau furnitur. Pembasmian tidak bisa sembarangan bila ingin hasilnya maksimal. Secara umum, ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi rayap, di antaranya adalah:

Kapur barus.

Air cucian beras.

Bubuk merica.

Oli bekas.

Air tajin.

Kapur sirih, dll.

Sedangkan pemakaian bahan kimia seperti produk anti rayap bubuk dan produk anti rayap cair juga memiliki efektivitas yang cukup baik dalam menghilangkan hama.

Cara menghilangkan rayap di kayu

Karena organisme kecil ini memakan selulosa, maka sudah pasti bagian rumah yang akan diserang oleh mereka adalah segala benda yang terbuat dari kayu, termasuk lemari, kusen, tembok kayu, dll.  Berikut ini adalah beberapa ulasan area rumah yang sering diserang oleh hama dan solusinya:

Cara menghilangkan rayap di lemari kayu

Salah satu furnitur yang paling sering diserang adalah lemari. Cara membasmi rayap di lemari ini khusus untuk yang bahan dasarnya adalah kayu solid atau turunannya.

Tak peduli lemari tersebut digunakan untuk apa, mau tempat penyimpanan pakaian atau buku, sama saja. Apabila bahan utamanya adalah kayu dan turunannya sudah jelas ada ancaman untuk diserang oleh rayap.

Apalagi bila cara membuatnya tidak benar, misalnya pilihan kayunya bukan yang anti rayap dan tidak diberi pelapis saat pembuatan pertama kali.

Cara menghilangkan rayap di lemari harus memperhatikan hal-hal di bawah ini:

Proses pembuatan

Anda harus memilih material yang tahan terhadap serangan hama, cuaca, dan jamur bila ingin membuat furnitur. Contoh kayu yang bisa digunakan adalah jati. Bila terpaksa menggunakan kayu yang kualitasnya di bawah jati, maka pastikan untuk menyemprotkan pelapis anti rayap sebelum dibentuk menjadi lemari atau furnitur lainnya. Setelah sudah terbentuk, jangan lupa aplikasikan cat atau pelitur yang ada kandungan anti rayapnya juga.

Perawatan

Bila sudah ditaruh di dalam rumah, usahakan untuk melakukan tindakan perawatan, seperti:

Tidak meletakkan furnitur mepet ke tembok.

Menaruhnya di ruangan yang memiliki sirkulasi udara bagus agar furnitur tidak lembap.

Jika ditaruh di ruangan ber-AC, usahakan untuk membuat suhunya dingin sebab mereka tidak suka dengan suhu dingin.

Bila perlu, sesekali Anda perlu menjemur lemari.

Pembasmian hama

Bila sudah terlanjur diserang, ada beberapa trik yang bisa dilakukan khusus untuk lemari. Sebab di sini tersimpan pakaian, tas, sepatu, atau buku yang notabene sangat berguna dan sering digunakan setiap hari.

Trik dan cara membasmi rayap di lemari adalah sebagai berikut

Gunakan kapur barus di lemari.

Pakai pewangi yang digantung.

Jebak menggunakan jebakan kardus atau tisu.

Oleskan atau semprot rayap menggunakan bahan alami seperti air cucian beras dan air tajin.

Gunakan bahan kimia yang aman bila mereka bandel dan tak mau pergi.

Cara di atas berlaku untuk semua perabot yang terbuat dari kayu dan bisa diterapkan di kusen hingga plafon rumah.

Sekarang anda tidak perlu merasa khawatir rayap merusak perabotan rumah anda. Kini telah hadir solusi Jasa Anti Rayap terpercaya.